Kamis, 05 Mar 2020, 13:50:40 WIB, 416 View Pengelola, Kategori : KESEHATAN

Rata-rata, seorang pekerja kantoran menatap layar komputer selama lebih dari 8 jam setiap hari. Perilaku ini bahkan diperburuk dengan kurangnya kesadaran mengenai cara menjaga kesehatan mata.

Padahal, pekerja kantoran sangat rentan mengalami gangguan mata terkait penggunaan komputer. Gejalanya terdiri dari sakit kepala, penglihatan kabur, serta mata lelah, merah, kering, atau berkedut.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegahnya: 

1. Beristirahat sejenak

Menatap layar komputer secara terus-menerus dapat menyebabkan mata lelah dan kaku otot leher, pundak, dan punggung. Beristirahat sejenak dapat menghindarkan kamu dari kondisi ini.

Cara paling mudah untuk membiasakan diri adalah dengan mengikuti aturan 20-20-20. Setiap 20 menit sekali, alihkan pandanganmu ke objek dengan jarak 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. 

2. Menyesuaikan pencahayaan ruangan

Cahaya terang yang berasal dari lampu maupun sinar matahari dapat membuat mata menjadi tegang. Saat menggunakan komputer, cahaya lingkungan sekitar idealnya hanya setengah dari cahaya layar komputer yang kamu gunakan.

Kamu dapat mengurangi paparan cahaya matahari dengan memasang tirai. Upayakan agar jendela ada di sampingmu, bukan di depan ataupun belakang. Selain itu, hindari pula penggunaan lampu fluoeresens yang terlalu terang.

3. Mengatur tampilan layar komputer

Kedua matamu terpaku pada layar komputer selama berjam-jam, hampir setiap hari. Jadi, layar komputermu harus diatur sedemikian rupa agar tidak membuat mata cepat lelah. 

Berikut adalah beberapa pengaturan yang perlu kamu sesuaikan

  • Tingkat kecerahan layar perlu diatur agar sama dengan lingkungan. Jika warna putih pada layar komputer tampak memancar, artinya cahaya yang kamu gunakan terlalu terang.
  • Temperatur warna yang terdiri dari cahaya merah dan biru. Cahaya biru memiliki gelombang pendek dan membuat mata cepat lelah. Cobalah menguranginya agar kamu bisa menatap layar komputer dengan lebih nyaman.
  • Kontras dan ukuran teks, terutama saat kamu sedang membaca dokumen panjang. Gunakan teks berwarna hitam dengan latar belakang putih agar mata tidak cepat lelah saat membacanya.


 

4. Lebih sering berkedip

Saat menatap layar komputer, kamu akan lebih jarang berkedip. Kebanyakan orang juga hanya berkedip sebagian ketika bekerja sambil melihat layar komputer. Padahal, berkedip dapat melembapkan mata serta mencegah kering dan iritasi.

Kamu dapat melindungi mata dari iritasi akibat penggunaan komputer dengan cara sederhana. Setiap 20 menit sekali, berkediplah sebanyak 10 kali secara perlahan. Ulangi rutinitas ini dan matamu akan tetap lembap.

5. Makan makanan bergizi seimbang

Kesehatan mata bergantung pada apa yang kamu makan. Nutrisi yang dibutuhkan oleh mata antara lain asam lemak omega-3, zinc, lutein, vitamin C, dan vitamin E. Anda dapat memperolehnya dari bahan makanan berikut:

  • Sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam dan kangkung
  • Ikan berminyak seperti salmon dan tuna
  • Buah-buahan sitrus seperti jeruk
  • Sumber protein selain daging, misalnya telur dan kacang-kacangan

6. Mengenakan kacamata khusus

Kacamata khusus akan melindungi mata dari paparan cahaya berlebih sehingga kamu bisa bekerja dengan lebih nyaman. Guna melindungi mata dari efek sinar biru, gunakan kacamata khusus antiradiasi atau fotokromik.

Kamu juga bisa menggunakan lensa bifokal atau progresif, sebab lensa pada kacamata biasa tidak cukup optimal untuk jarak antara mata dan layar komputer. Bila kamu belum mengetahui jenis kacamata yang tepat, konsultasikan hal ini dengan dokter.

7. Memeriksakan kondisi mata secara rutin

Pemeriksaan mata rutin bermanfaat untuk mendeteksi masalah penglihatan sedini mungkin. Lakukan pemeriksaan mata setidaknya satu kali setiap tahun, terutama jika kamu sering menggunakan komputer.

Selama pemeriksaan, jelaskan kepada dokter mengenai rutinitasmu saat bekerja menggunakan komputer. Sampaikan seberapa sering kamu menggunakan komputer serta jarak antara mata dan layar setiap kali menggunakannya.

Masih banyak pekerja kantor yang mengabaikan pentingnya kesehatan mata tanpa mengetahui komplikasi yang mengintai. Padahal, gangguan penglihatan akibat penggunaan komputer dapat menyebabkan kerusakan mata permanen. 

Maka dari itu, pastikan matamu mendapatkan cukup istirahat selama bekerja di kantor. Jadikan kegiatan mengistirahatkan mata sebagai suatu rutinitas agar kamu semakin terbiasa menerapkannya.

 



Cara menjaga kesehatan mata bagi pekerja kantoran
Kamis, 05 Mar 2020, 13:50:40 WIB, Dibaca : 416 Kali
Jangan Lupa Minum Air Putih di Kantor! Berikut Manfaatnya
Senin, 13 Jan 2020, 14:14:07 WIB, Dibaca : 775 Kali
7 Manfaat Naik-Turun Tangga Bagi Kesehatan Tubuh
Senin, 16 Des 2019, 11:45:16 WIB, Dibaca : 738 Kali

Tuliskan Komentar