Senin, 14 Agu 2023, 10:54:22 WIB, 835 View Pengelola, Kategori : KESEHATAN

Mengenal Warna-warna Ingus dan Penyebabnya

Ingus bening

Ingus bening dianggap sebagai normal dan sehat. Ingus bening mengandung banyak protein, antibodi, dan garam dari dalam tubuh Anda. Saat sampai ke dalam lambung, cairan ini akan dihilangkan. Namun, tubuh akan terus memproduksi lendir bening ini untuk menjaga hidung dan sinus Anda. Selain itu, Hay fever atau allergic rhinitis juga bisa menyebabkan warna ingus bening.

Ingus putih

Jika Anda merasa sesak napas, biasanya ingus yang keluar dari hidung akan berwarna putih. Tidak hanya itu, ingus putih akan disertai dengan kondisi hidung yang bengkak dan meradang. Hal ini bisa menyebabkan ingus kekurangan kandungan airnya, sehingga membuatnya berwarna putih. Umumnya, ingus putih menjadi tanda dari penyakit flu atau infeksi lainnya.

Ingus kuning

Ingus kuning menjadi pertanda bahwa virus atau infeksi yang ada di dalam tubuh, sedang berusaha keras untuk menetap di dalam tubuh Anda. Namun tenang saja, ini juga menjadi pertanda bahwa sistem imun tubuh sedang bekerja sekeras mungkin dalam melawannya.

Biasanya, warna kuning pada ingus datang dari sel darah putih yang sedang berjuang melawan kuman. Ketika telah mengerjakan tugasnya, sel darah putih akan “gugur” ke dalam ingus dan memberikan nuansa kuning.

Ingus merah

Biasanya, ingus merah disebabkan oleh adanya darah di dalam ingus Anda. Ingus berdarah disebabkan oleh adanya trauma atau pukulan kencang langsung ke hidung. Bisa juga terjadi karena terlalu kering, iritasi, atau mengalami benturan.

Segera hubungi dokter jika ada darah di dalam ingus, terutama jika Anda merasa sesak napas dan perdarahan terjadi lebih dari 30 menit.

Ingus cokelat

Ingus cokelat bisa disebabkan oleh darah lama yang keluar dari hidung. Selain itu, jika Anda telah menghirup benda asing seperti kotoran, tembakau rokok, bahkan paprika sekalipun, ingus cokelat bisa muncul.

Ingus hitam

Ingus hitam bisa menjadi tanda dari infeksi jamur serius. Walaupun jarang terjadi, orang dengan sistem imun yang lemah sangat mudah terjangkit virus ini.

Ada 4 tipe infeksi jamur di hidung, yaitu sinusitis jamur miketoma, sinusitis jamur alergi, sinusitis indolen kronis, hingga sinusitis fulminan.

Perokok dan pengguna obat-obatan terlarang (narkotika) juga bisa mengalami ingus hitam. Segera datang ke dokter jika ingus hitam muncul, apapun alasannya.



Mari berkenalan dengan Caged Rack
Jumat, 17 Mar 2023, 16:46:12 WIB, Dibaca : 964 Kali
Manfaat VSAT pada pemerintahan
Jumat, 17 Mar 2023, 16:38:02 WIB, Dibaca : 1169 Kali
Jenis-Jenis Konfigurasi Desain UPS
Jumat, 17 Mar 2023, 16:35:48 WIB, Dibaca : 1896 Kali

Tuliskan Komentar