Jumat, 21 Jan 2022, 20:17:21 WIB, 242 View Pengelola, Kategori : KESEHATAN

Penyebab sering bersin di pagi hari

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan Anda bersin pada pagi hari. Berikut daftar penyebabnya:

1. Rhinitis alergi

Penyebab utama sering bersin di pagi hari adalah rhinitis alergi. Kondisi ini terjadi lantaran sistem kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan terhadap penyebab alergi (alergen). Tubuh akan mengirim respons kepada beberapa bagian tubuh untuk langsung bereaksi.Anda mungkin akan merasakan hidung tersumbat, sakit kepala, hingga mata berair. Penyebab reaksi alergi ini juga bisa dipicu olehudara dingin, serbuk sari bunga, tungau, bulu hewan peliharaan, atau jamur.

2. Aroma yang menyengat

Penyebab berikutnya mungkin bisa datang dari diri Anda sendiri juga. Anda mungkin menggunakan sesuatu dengan aroma menyengat sebelum tidur. Bisa jadi itu berupa sabun mandi, lotion malam, atau essential oil.Aroma menyengat ini bisa memberikan iritasi pada hidung sepanjang malam. Akibat yang ditimbulkan adalah peningkatan produksi lendir yang menyebabkan hidung mampet. Jangan heran tubuh akan bereaksi pada pagi hari dengan gejala bersin-bersin.

3. Penggunaan obat

Obat juga bisa jadi pemicu sering bersin di pagi hari. Beberapa obat akan membuat pembuluh darah melebar. Sebut saja ibuprofen, aspirin, obat penenang, dan pereda tekanan darah tinggi. Penggunaan obat ini pada malam hari cenderung akan membuat hidung tersumbat keesokan harinya.

4. Perubahan hormon

Perubahan hormon bisa terjadi saat sedang menstruasi atau menjalani masa kehamilan. Selain itu, penggunaan alat kontrasepsi oral juga bisa menyebabkan rhinitis. Perubahan ini memicu produksi lendir yang menyebabkan hidung tersumbat dan bersin. Masalahnya, kondisi ini bisa dialami sepanjang hari.

5. Ruangan yang terlalu kering

AC akan membuat udara dalam ruangan menjadi kering. Lebih parahnya lagi, banyak orang yang menggunakan AC sepanjang malam sebagai teman tidurnya. Udara kering inilah yang juga akan memicu reaksi pada hidung di pagi hari.

6. Mengalami sinusitis

Sinusitis atau sinus adalah infeksi pada jalur pernapasan. Gejalanya akan terasa seperti ada yang menekan di bagian hidung. Nah, kondisi ini juga jadi pemicu Anda sering bersin di pagi hari.

7. Paparan cahaya

Bersin juga bisa dipicu oleh cahaya yang secara medis disebut photic sneeze reflex. Jadi, Anda bisa mendadak bersin saat melihat cahaya lampu di pagi hari atau terpapar sinar matahari saat keluar rumah.

Cara mencegah bersin pada pagi hari

Anda bisa melakukan pencegahan dengan melakukan beberapa langkah di bawah ini supaya tidak bersin di pagi hari:

  • Ganti seprai dan karpet di kamar secara teratur
  • Menggunakan humidifier untuk melembapkan udara
  • Rutin membersihkan kamar
  • Hindari tidur dengan jendela terbuka
  • Gunakan bantal saat tidur setinggi 15-20 cm
  • Banyak minum sebelum dan saat bangun tidur

 



Tips Penting untuk Mengelola Waktu Cuti Lebaran
Kamis, 14 Apr 2022, 19:02:50 WIB, Dibaca : 41 Kali
Manfaat Medical Check Up Bagi Perkerja Kantoran
Jumat, 01 Apr 2022, 19:40:01 WIB, Dibaca : 50 Kali
Beberapa Cara Cloud Dapat Meningkatkan Efisiensi Bagi Perusahaan
Senin, 28 Mar 2022, 20:57:28 WIB, Dibaca : 49 Kali

Tuliskan Komentar