Jumat, 05 Nov 2021, 18:13:04 WIB, 274 View Pengelola, Kategori : KESEHATAN

Stres merupakan salah satu hal lumrah yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bisa diakibatkan karena banyaknya tekanan-tekanan dari luar yang membuat merasa frustasi dan lelah secara fisik dan emosional.

Stres yang berlarut-larut akan menimbulkan gangguan kesehatan yang serius bagi tubuh. Oleh karena itu disarankan untuk selalu mencari cara untuk menghilangkan stres agar hidup kamu kembali ceria dan produktif.

Berikut beberapa cara menghilangkan stress yang sederhana yang bisa dicoba lakukan ketika stress mulai menghampiri.

  1. Berenang atau berendam

Berenang atau sekedar berendam di dalam bathub dapat membuat tubuh rileks. Otot-otot yang ikut bergerak selama berenang akan membantu tubuh mejadi lebih santai. Hal ini akan menekan hormone pemicu stress sehingga bisa merasa lebih nyaman setelah berenang atau berendam. Jika ingin berendam, ada baiknya gunakan air hangat dan tambahkan beberapa tetes minyak aroma terapi untuk membuat tubuh semakin rileks. Selain itu aroma minyak terapi juga bisa menenangkan pikiran.

  1. Olahraga

Untuk yang tidak bisa berenang, coba lakukan olahraga lain. Banyak sekali pilihan olahraga yang bisa dilakukan. Mulai dari jogging, boxing, yoga, bermain bola basket dan sebagainya. Tubuh yang stress sedang terasa tegang. Dengan berolahraga dapat membuatnya menjadi tegang. Tetapi tegang stress dan tegang olahraga berbeda konsep. Ketegangan tubuh yang di hasilkan olahraga, merupakan hasil koordinasi yang baik di seluruh tubuh melalui gerakan-gerakannya. Hal ini justru mendorong pikiran untuk tidak berfokus pada stress yang di rasakan.

  1. Mendengarkan musik

Stres bisa muncul kapan saja. Bahkan tidak menutup kemungkinan rasa stres muncul di tengah-tengah kesibukan. Tidak ada waktu untuk berolahraga karena itu akan menghabiskan waktu banyak. Tapi ada banyak cara menghilangkan stres. Salah satunya dengan mendengarkan musik. Sesuaikan saja lagu yang ingin kamu dengar dengan preferensi. Musik mengajak untuk mendengarkan alunan merdu yang mampu merelaksasi pikiran. Fokuskan pendengaran dengan menggunakan headset adalah cara mengobati stres pikiran yang tepat. Kadang kita terlalu fokus dengan penilaian orang dan memikirkannya terlalu dalam. Mendengarkan musik dapat membantu menutup telinga sejenak sampai semuanya terasa lebih tenang.

  1. Tidur
    Setiap orang memiliki karakter yang berbeda. Karena itu berbeda pula cara menghilangkan stres yang dapat diterapkan oleh setiap orang. Ada orang yang lebih suka berolahraga untuk mengurangi rasa stres. Ada yang lebih suka berkumpul dengan teman. Tapi ada cara sehari-hari yang sebenarnya membantu dalam upaya ini, yaitu tidur. Tidur adalah cara paling umum untuk memaksa tubuh dan pikiran beristirahat. Jika stres muncul di siang hari, tidur siang selama 15 menit akan sangat membantu. Tapi kamu harus tetap menjaga pola tidur yang baik yaitu 8 jam sehari agar semua fungsi tubuh berjalan dengan baik.
  2. Memelihara Kucing atau Anjing
    Memelihara hewan juga dapat menjadi cara menghilangkan stres yang ampuh lho!Kucing dan anjing adalah pilihan ideal untuk hewan peliharaan yang bisa bantu kamu hilangkan stres. Hal ini karena kedua hewan ini mampu memberikan ikatan yang kuat pada pemiliknya. Kamu akan merasa memiliki hal lain dalam hidup dan dapat mencoba mengurusnya seperti kamu mengurus diri sendiri. Alasan lain kenapa kucing atau anjing baik untuk penghilang stres adalah karena kamu bisa sambil mengelusnya. Sentuhan seperti ini mampu meningkatkan kadar serotonin dan dopamine yang dapat mendorong turunnya rasa stres dan cemas yang melanda.



Tips Penting untuk Mengelola Waktu Cuti Lebaran
Kamis, 14 Apr 2022, 19:02:50 WIB, Dibaca : 40 Kali
Manfaat Medical Check Up Bagi Perkerja Kantoran
Jumat, 01 Apr 2022, 19:40:01 WIB, Dibaca : 50 Kali
Beberapa Cara Cloud Dapat Meningkatkan Efisiensi Bagi Perusahaan
Senin, 28 Mar 2022, 20:57:28 WIB, Dibaca : 49 Kali

Tuliskan Komentar