Jumat, 28 Jan 2022, 20:46:46 WIB, 460 View Pengelola, Kategori : TEKNOLOGI

Ada dua jenis koneksi internet yang saat ini banyak digunakan yaitu Internet Broadband dan Internet Dedicated. Lalu, apa perbedaan Internet Broadband dan Internet dedicated?

Internet broadband dan internet Dedicated adalah dua hal yang berbeda. Internet Broadband adalah koneksi internet rumahan yang biasa kita gunakan pada berbagai perangkat seperti smartphone, di mana performansi dan kecepatannya dibagi ke antar pengguna. Sementara itu internet dedicated adalah koneksi intenet yang biasanya di gunakan untuk kepentingan bisnis misalnya untuk kantor atau co-working space. Koneksi yang disediakan, di dedikasikan secara privat sehingga performansi internet bisa digunakan oleh pengguna secara penuh.

Apa bedanya Internet Broadband dengan Internet Dedicated?

Selain performansi, pada akhirnya perbedaan jenis Internet ini juga akan membantu Anda mengalokasikan biaya operasional perusahaan secara efektif, khususnya untuk bisnis skala kecil. Ada sejumlah perbedaan antara Internet Broadband dan Internet Dedicated. Berikut selengkapnya perbedaan Internet Broadband dan Internet Dedicated.

  • Kecepatan download dan upload. Salah satu keunggulan Internet Dedicated adalah bandwith yang terjamin. Kecepatan download dan upload akan selalu konsisten. Dukungan ini membuat aplikasi berjalan dengan lancar dan menghilangkan kemungkinan pelambatan yang dapat memengaruhi operasi bisnis. Mengunggah file yang besar biasanya menjadi masalah umum yang dihadapi banyak bisnis. Kendala ini bisa diatasi dengan Internet Dedicated yang menawarkan kecepatan tinggi serta latensi rendah. Sedangkan pada Internet Broadband kecepatannya tidak tentu karena harus berbagi (sharing) bandwith dengan pengguna lainnya.
  • Kualitas layanan (Quallity of Services/QoS) Latensi dan faktor lainnya turut memengaruhi kecepatan akses Internet. Penyedia layanan Internet Dedicated biasanya menawarkan jaminan dalam bentuk Service Level Agreement (SLA). Jika suatu saat koneksi Internet Dedicated yang Anda gunakan tidak memenuhi standar tersebut, Anda berhak mengajukan perbaikan. SLA juga memastikan adanya kompensasi jika layanan yang ditetapkan penyedia Internet Dedicated tidak sesuai dengan kenyataan yang Anda dapatkan. Jaminan ini tak tersedia untuk layanan Internet Broadband.
  • Penyelesaian masalah lebih cepat Meski koneksinya dijamin yang terbaik, kendala yang terjadi adalah sebuah keniscayaan. Dalam bahasan perbedaan Internet Broadband dan Internet Dedicated, ada istilah response time yang ditetapkan untuk mengatasi masalah atau biasa disebut mean time to repair (MTTR). Kerangka waktu ini diuraikan dalam SLA untuk memungkinkan penyelesaian masalah dengan cepat. MTTR rata-rata untuk masalah koneksi Internet Dedicated biasanya 4 jam atau kurang. Lain halnya dengan waktu respons Internet Broadband yang bisa berlangsung berjam-jam hingga berhari-hari, tanpa jaminan jangka waktu. Keterlambatan ini tentu saja bisa berpengaruh pada operasional bisnis Anda.
  • Layanan pelanggan khusus Selain cepat, Internet Dedicated juga sangat andal. Dengan dukungan 24 jam dan pemantauan layanan, masalah teknis bisa diselesaikan bahkan sebelum dimulai. Namun jika terjadi kendala, Anda akan memiliki akses ke dukungan teknis untuk menyelesaikan masalah sesegera mungkin. Dukungan ini tak akan Anda temui pada layanan Internet Broadband.
  • Biaya layanan Biaya layanan Internet Broadband memang lebih terjangkau. Ini menjadi salah satu perbedaan Internet Broadband dan Internet Dedicated yang sangat terasa. Namun tentu saja, harga menentukan kualitas. Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda hanya mendapatkan performa dan dukungan yang secukupnya. Internet Dedicated tetap menjadi pilihan yang baik untuk rumah atau kantor kecil, terlebih perusahaan berskala besar yang sangat bergantung pada konektivitas Internet.



Manfaat VSAT pada pemerintahan
Selasa, 02 Agu 2022, 20:42:39 WIB, Dibaca : 20 Kali
Apa penyebab request time out (RTO) dalam jaringan?
Rabu, 20 Jul 2022, 20:35:06 WIB, Dibaca : 52 Kali
Fenomena Kecemasan Jelang Hari Senin
Senin, 11 Jul 2022, 10:10:58 WIB, Dibaca : 62 Kali

Tuliskan Komentar