Senin, 29 Agu 2022, 19:08:12 WIB, 47 View Pengelola, Kategori : TEKNOLOGI

Gimana Sih Cara Kerja Bandwidth?

Sekarang kita akan membahas tentang bandwidth, yang merupakan pembahasan utama dari artikel ini. Bagaimana cara kerja bandwidth? Jenis bandwidth? Dan juga manfaat dari bandwidth yang perlu Anda ketahui.

 

Mengenal Bandwidth

Bandwidth diukur sebagai jumlah data yang dapat ditransfer dari satu titik ke titik lain dalam jaringan dalam jumlah waktu tertentu. Biasanya, bandwidth dinyatakan sebagai bitrate dan diukur dalam bit per detik (bps).

 

Istilah bandwidth mengacu pada kapasitas transmisi koneksi dan merupakan faktor penting ketika menentukan kualitas dan kecepatan jaringan atau koneksi internet.

 

Bagaimana Cara Kerja Bandwidth

Semakin banyak bandwidth yang dimiliki koneksi data, semakin banyak data yang dapat dikirim dan diterima pada satu waktu. Secara konsep, bandwidth dapat dibandingkan dengan volume air yang dapat mengalir melalui pipa. Semakin lebar diameter pipa, semakin banyak air yang dapat mengalir melaluinya pada satu waktu.

 

Bandwidth bekerja dengan prinsip yang sama. Semakin tinggi kapasitas tautan komunikasi, semakin banyak data yang dapat mengalir melaluinya per detik.

 

Jenis Bandwith

Jadi, dalam dunia IT terdapat dua jenis bandwidth yang perlu Anda ketahui. Kedua jenis tersebut adalah bandwidth analog dan juga bandwidth digital. Apa saja perbedaan antara kedua jenis bandwidth tersebut?

 

Bandwidth Analog

Yang pertama adalah bandwidth analog, yang merupakan bandwidth dengan frekuensi sinusoidal maksimum dari sinyal analog yang digunakan oleh rangkaian.

 

Bandwidth Digital

Sedangkan untuk bandwidth digital circuitnya berbeda. Dari suatu rangkaian lebih kecil dari bandwidth analog karena sinyal digital terbuat dari nilai 1 dan 0 dan ini adalah sinyal gelombang persegi. Jika Anda memplot spektrum frekuensi gelombang persegi, konten frekuensi maksimum dalam sinyal lebih dari frekuensi gelombang persegi.

 

Manfaat Bandwidth

Memiliki bandwidth yang tinggi tentunya memiliki manfaat yang sangat banyak. Ketika Anda memiliki bandwidth yang tinggi, manfaat yang Anda bisa dapat kan adalah sebagai berikut:

 

Performa aplikasi lebih cepat. Saat ini, orang menginginkan sesuatu dengan cepat. Bandwidth yang lebih tinggi secara substansial meningkatkan respons semua aplikasi situs web Anda.

Memungkinkan interaktivitas. Interaksi meningkatkan koneksi dan loyalitas pengguna ke situs web. Bandwidth yang lebih tinggi meningkatkan pengalaman pengguna Anda dengan memungkinkan mereka mengunggah dan/atau mengunduh konten, seperti foto dan video.

Peningkatan kemampuan transfer data. Bandwidth yang lebih tinggi memungkinkan pengguna Anda mengunggah dan mengunduh data dalam jumlah besar ke situs web Anda.

Kecepatan transfer data lebih cepat. Manfaat interaktivitas situs web ditiadakan jika unggahan dan unduhan sangat lambat. Bandwidth yang lebih tinggi menghasilkan kecepatan transfer yang jauh lebih cepat sehingga mengurangi frustrasi dan kepuasan pelanggan yang lebih besar.

Memungkinkan lebih banyak pengunjung secara bersamaan. Semakin banyak lalu lintas situs web Anda dapat menampung, semakin cepat akan tumbuh dan semakin besar keuntungan Anda. Bandwidth yang lebih tinggi mencapai tujuan ini dengan memungkinkan banyak pengunjung sekaligus.

Mengurangi kerusakan, pantulan, atau “sinyal sibuk”. Jika pengguna frustrasi atau tidak dapat mengakses situs web Anda dalam jangka waktu tertentu, Anda akan kehilangan mereka. Bandwidth yang lebih tinggi membantu menghindari kompromi server Anda sehingga menghasilkan pengalaman yang jauh lebih lancar bagi pengguna Anda.

Mendukung beberapa sesi bersamaan. Pengguna jarang menjalankan satu aplikasi pada satu waktu. Dengan bandwidth yang lebih tinggi, Anda memungkinkan pengguna untuk melakukan banyak tugas dan memaksimalkan produktivitas mereka dengan menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Streaming video lebih cepat. Menonton video yang terus-menerus membeku sangat membuat frustrasi. Bandwidth yang lebih tinggi memungkinkan pengguna Anda untuk fokus pada konten video Anda daripada gangguan yang mengganggu.

 



5 Jenis Perilaku Tidak Aman (Unsafe Acts)
Senin, 19 Sep 2022, 18:52:55 WIB, Dibaca : 17 Kali
Apa itu Brigde: Pengertian, Ciri-ciri, Fungsi dan Cara Kerja
Senin, 12 Sep 2022, 19:41:01 WIB, Dibaca : 40 Kali
Gimana Sih Cara Kerja Bandwidth?
Senin, 29 Agu 2022, 19:08:12 WIB, Dibaca : 47 Kali

Tuliskan Komentar