Senin, 28 Mar 2022, 20:57:28 WIB, 49 View Pengelola, Kategori : TEKNOLOGI

Beberapa Cara Cloud Dapat Meningkatkan Efisiensi Bagi Perusahaan

Bisnis di era digital dilengkapi dengan peluang yang dapat memberi mereka banyak keuntungan. Dan kesempatan itu hanya dimungkinkan oleh pemanfaatan cloud. Selama beberapa tahun terakhir, kami telah menyaksikan usaha kecil menjadi global dan meroket dalam waktu singkat, berkat teknologi cloud. Dalam industri video game, misalnya, game yang dikembangkan oleh tim kecil dapat menjadi viral dan menjadi tuan rumah jutaan proses sehari-hari dengan dukungan cloud. Bagaimana awan melakukan ini? Sederhananya, cloud membuat segalanya lebih efisien.

 

Berikut adalah tiga cara cloud dapat meningkatkan efisiensi bagi perusahaan di era digital.

1. Menurunkan Biaya Operasi

Biaya operasi (juga dikenal sebagai biaya operasional) adalah masalah klasik yang harus dihadapi manajer bisnis. Departemen yang berbeda dalam perusahaan biasanya perlu mengejar tuntutan yang meningkat dengan meminta dukungan manajemen. Untuk membuat keadaan menjadi lebih buruk, biaya bisnis bisa menjadi tak terduga tinggi ketika masalah terjadi. Mulai dari kinerja hingga masalah kepatuhan, masalah ini dapat menghabiskan banyak biaya, dan pemilik bisnis sering perlu memotong beberapa pengeluaran di sana-sini untuk memenuhi kebutuhan.

 

Dengan berinvestasi dalam teknologi cloud, bisnis dapat secara signifikan menurunkan biaya operasi mereka. Di departemen TI saja, bisnis dapat secara efisien menghemat 15% setelah menerapkan cloud, karena memaksimalkan efisiensi dan menghilangkan redundansi. Karena cloud juga meningkatkan produktivitas di banyak departemen lain, secara keseluruhan, bisnis dapat menghemat lebih banyak. Dalam artikel Forbes, Quora melaporkan bahwa teknologi cloud telah memungkinkan klien mereka untuk menghemat 30 – 50%. Itu adalah peningkatan yang signifikan dalam hal efisiensi biaya.

 

2. Mendukung Pekerjaan Jarak Jauh

Pekerjaan jarak jauh ada di sini, dan tampaknya tren akan bertahan selama bertahun-tahun yang akan datang. Tren ini dipercepat karena perusahaan di seluruh dunia menemukan diri mereka terkejut dengan keuntungan dari kerja jarak jauh. Terlepas dari keengganan dan ketakutan awal, perusahaan telah menerima dan bahkan mendukung penerapan kerja jarak jauh karena meningkatkan produktivitas sambil menurunkan biaya. Tetapi banyak pekerja jarak jauh yang akrab dengan beberapa masalah yang dapat timbul dari kerja jarak jauh: komunikasi, keamanan, dan aksesibilitas.

Berkat komputasi awan, pekerja jarak jauh dapat bekerja lebih efisien dengan lebih banyak fleksibilitas. Berkoordinasi satu sama lain dapat dibuat jauh lebih mudah karena penyimpanan cloud memfasilitasi ini untuk semua karyawan, terlepas dari lokasi mereka. Dalam hal keamanan, banyak penyedia cloud dilengkapi dengan protokol keamanan yang hebat, membuat data perusahaan lebih aman dibandingkan dengan menyimpannya dalam perangkat keras. Cloud juga menghilangkan kebutuhan akan peralatan kantor, karena karyawan dapat mengakses data dari perangkat mereka sendiri.

 

3. Memproses Big Data dalam Kecepatan Kilat

Seiring perkembangan bisnis Anda, begitu juga data Anda. Di era digital, data yang diperoleh perusahaan bisa sangat besar, dan kumpulan data ini sangat berharga karena memberi perusahaan wawasan yang tak terhitung jumlahnya. Namun, jika perusahaan Anda masih menggunakan perangkat keras di tempat, jumlah waktu yang dibutuhkan untuk memproses data besar bisa sangat banyak. Selain memakan waktu, perangkat keras on-premise juga memiliki batasan. Ini membutuhkan pemeliharaan dan peningkatan, terutama ketika data Anda tumbuh secara eksponensial. Belum lagi, memelihara dan meningkatkan perangkat keras dapat menghabiskan biaya sejumlah uang.

Semua masalah ini hilang begitu saja ketika perusahaan menggunakan solusi cloud. Pada tahun 2017, Forrester melaporkan bahwa solusi cloud dapat memproses data besar 750% lebih cepat daripada perangkat keras di tempat. Untuk memasukkannya ke dalam perspektif, semua pemrosesan yang biasanya memakan waktu sekitar satu setengah minggu dengan solusi di tempat dapat diselesaikan dalam satu hari, dengan bantuan solusi cloud. Ini secara signifikan mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan untuk pemrosesan data besar, memungkinkan bisnis Anda berkembang lebih cepat, berinovasi terus menerus, dan beradaptasi dengan tantangan baru.

 

Efisiensi yang Lebih Baik dengan Solusi Cloud

Singkatnya, komputasi awan dapat memaksimalkan efisiensi perusahaan Anda dalam banyak hal, terutama dengan menekan anggaran, mendukung tren kerja dari mana saja, dan secara signifikan memotong waktu yang dibutuhkan untuk memproses data besar. Selain ketiganya, ada banyak keuntungan lain yang bisa didapat perusahaan dengan berinvestasi dalam solusi cloud. Dikutip dari Business.com, Frost &Sullivan menemukan bahwa cloud meningkatkan produktivitas sebesar 400%. Selain itu, 93% pemimpin institusi percaya bahwa cloud memungkinkan inovasi berkembang dengan cepat.



Tips Penting untuk Mengelola Waktu Cuti Lebaran
Kamis, 14 Apr 2022, 19:02:50 WIB, Dibaca : 41 Kali
Manfaat Medical Check Up Bagi Perkerja Kantoran
Jumat, 01 Apr 2022, 19:40:01 WIB, Dibaca : 51 Kali
Beberapa Cara Cloud Dapat Meningkatkan Efisiensi Bagi Perusahaan
Senin, 28 Mar 2022, 20:57:28 WIB, Dibaca : 49 Kali

Tuliskan Komentar