Rabu, 20 Jul 2022, 20:35:06 WIB, 468 View Pengelola, Kategori : TEKNOLOGI

Apa penyebab request time out (RTO) dalam jaringan?

Pernahkah Anda pada saat menggunakan internet merasakan lag atau malah lost connection? Jika iya maka ada masalah pada koneksi internet Anda. Ada beberapa faktor yang menyebabkan masalah pada internet salah satu istilah yang paling populer adalah RTO atau Request Time Out.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum kita mengetahui apa itu RTO dengan ulasan jaringan internet dan perangkatnya di bawah ini.

Sistem Jaringan Internet

Komunikasi dengan menggunakan teknologi internet ini adalah menghubungkan jaringan antar komputer berbasis IP atau internet protocol sebagai aturan atau protokol dalam mengatur pertukaran paket data antar komputer.

Perkembangan jaringan internet ini sudah berkembang ke seluruh dunia dengan jaringan yang jauh lebih besar.

Jaringan Satelit

Satelit adalah salah satu media transmisi komunikasi. Satelit ini memiliki tugas dalam meneruskan sinyal untuk dikirimkan dari satu titik ke titik lainnya di atas bumi.

Jenis satelit yang umumnya digunakan adalah Geostasioner yang mengorbit pada titik yang sama di atas bumi yang mengikuti perputaran bumi.

Data yang ditransmisikan menggunaakn jaringan satelit ini dinamakan VSAT (Very Small Aperture Terminal).

Fungsi utama VSAT ini adalah menerima dan mengirimkan data ke satelit. Maka dari itu piringan VSAT ini menghadap ke sebuah satelit Geostationer.

Keunggulan dari VSAT Ini adalah mencakup jarak yang jauh hingga menjangkau separuh permukaan bumi yang menggunakan relay dari satalit. Namun memiliki kekurangan antara lain koneksinya rentan sekali terganggu akibat cuaca yang buruk serta memiliki latency atau hambatan yang lebih tinggi ketimbang menggunakan kabel.

 

Wi-Fi

WiFi dalam istilah IT nya adalah WLAN (wireless local area network). Maka WiFi terkenal akan cara menghubungkannya dengan menggunakan titik akses atau hotspot ke internet. Titik akses ini biasanya terhubung dengan menggunakan BTS yang merupakan tower penguat sinyal seluler.

Jaringan Kabel (Fiber Optik)

Kabel fiber optik merupakan kabel yang terbuat dari fiber kaca yang tercanggih saat ini. Kabel fiber terbagi menjadi 2 yakni coaxial teresterial yang ditanam di dalam tanah dan coaxial marine untuk serat optik dalam laut.

Balloon Google

Balloon Google atau Project loon merupakan proyek yang dikembangkan mulai dari 2011 oleh ilmuwan dari Google X.

Proyek ini dimaksudkan untuk memperluas sinyal jangkauan wilayah yang bisa digunakan untuk internet khususnya pada wilayah-wilayah terpencil yang belum memilik isarana yang sulit dibangun sarana yang dapat menggunakan internet sebagai prioritas utamanya.

Istilah Request Time Out dalam Jaringan Internet

RTO dalam internet adalah kejadian dimana server tidak menjawab permintaan dari komputer klien setelah beberapa waktu.

Requet time out juga dapat menunjukan bahwa tidak adanya koneksi antara satu komputer ke komputer tujuan.

Memahami Request Time Out (RTO) Di Jaringan Komputer

Dalam memahami apakah jaringan dalam kondisi RTO atau Request Time Out kita dapat masuk ke menu prompt perintah kemudian ping alamat IP tujuan atau ke alamat domain tertentu.

Misalnya ketik perintah ping Google.com. kemudian di waktu tertentu server akan merespon apakah adanya koneksi atau tidak, apabila t idak ada koneksi antara komputer klien dan juga pada komputer server maka akan ada pesan peringatan RTO.

Penyebab Request Time Out

Dalam mengatasi RTO maka kita perlu mengetahui apa saja penyebab Request Time Out terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa penyebab RTO yang mengatasi permintaan waktu habis di jaringan komputer.

Peran Firewall pada Router

Penyebab Request Time Out pertama disebabkan dikarenakan oleh firewall. Mungkin saja firewall ini terdapat router yang tidak diberikan izin kepada paket ping yang melewati router. Hal ini tidak heran jika dapat terjadi di beberapa komputer.

Biasanya masalah ini dapat diatasi dengan cara menonaktifkan terlebih dahulu fitur firewall di router Anda.

Kecilnya Kapasitas Bandwith yang Digunakan

RTO juga dapat disebabkan oleh bandwidth Anda yang kecil. Sehingga saat melakukan ping terjadi RTO. Hal ini juga dapat diatasi dengan memastikan bandwidth Anda memiliki ruang yang cukup sehingga proses perintah dapat diterima dan dijalankan.

Port Komputer Ditutup

Port pada komputer yang mengizinkan koneksi internet bisa saja tertutup sehingga peristiwa RTO terjadi.

Bahkan Request Time Out juga dapat terjadi akibat proses krimping kabel LAN tidak sempurna. Masalah ini dapat membuat jaringan komputer terganggu.

IP Address sedang Tidak Aktif

IP address adalah satu komponen pada jaringan komputer yang paling penting khususnya dalam menghubungkan komputer ke internet. Jika IP address tidak aktif maka komputer tidak dapat terhubung ke internet.

Cara mengecek IP Anda dapat pergi ke pengaturan Network yang disana ada berbagai pilihan pengaturan yang salah satu pengaturan IP address.

 

 

Masalah Pada LAN Card

Penyebab RTO seleanjutnya yakni terjadi masalah pada LAN card. Perlu diketahui bahwa pintu utama masuknya jaringan di komputer yakni melalui LAN card.

Anda dapat memastikan masalah pada lan card dengan melihat pada indikator lampu led yang berkedip merah yang menandakan bahwa terjadi RTO. Biasanya masalah ini dapat diatasi dengan cara mengupdate driver LAN card atau menonaktifkan dan mengaktifkan kembali service pada LAN card.

Packet Ping Tidak Sampai Tujuan

Alasan terjadinya RTO yakni adalah packet ping yang tidak sampai ke komputer pengirimnya. Ada beberapa faktor kenapa paket tidak dibalas yang disebabkan oleh koneksi jaringan yang putus.

Koneksi internet yang tidak kuat maka dapat mengurangi tertundanya pengiriman perintah pada server yang dituju. Sehingga pastikan Anda untuk mengecek koneksi internet yang digunakan.

Banyaknya Hop yang Dilewati

RTO yang selanjutnya adalah dikarenakan banyaknya Hop yang dilewati. Apabila paket ping melewati banyak hop maka balasan tidak sampai ke komputer yang Anda gunakan saat itu.

Kabel Jaringan Tidak Terhubung dengan Baik

Penyebab Request Time Out yang terakhir yakni kabel jaringan yang digunakan tidak terhubung dengan baik. Sebelum menggunakan internet maka Anda dapat mengecek pada kabel jaringan yang terhubung pada lan card dan pada switch.

 



test oleh admin
Selasa, 01 Nov 2022, 11:54:41 WIB, Dibaca : 59 Kali
test oleh admin
Selasa, 01 Nov 2022, 11:53:54 WIB, Dibaca : 59 Kali
test oleh admin
Selasa, 01 Nov 2022, 11:51:30 WIB, Dibaca : 59 Kali

Tuliskan Komentar