Senin, 12 Sep 2022, 19:41:01 WIB, 39 View Pengelola, Kategori : TEKNOLOGI

Apa itu Brigde: Pengertian, Ciri-ciri, Fungsi dan Cara Kerja

Bridge adalah perangkat jaringan yang memiliki tugas jaringan komputer LAN yang berbeda. Bridge ini dapat melakukan penghubungan koneksi jaringan komputer misalnya ethernet dengan fast ethernet, yang mana semua jenis jaringan yang serupa ataupun sama tetapi dalam wilayah jaringan yang berbeda namun sedikit pengertian brige. Perangakt ini bekerja dalam data link layer model OSI atau open system interconnection.

 

Namun begitu bridge ini dapat menghubungkan jaringan dengan menggunakan transmission mode yang tidak sama atau berbeda.

 

Dan juga bridge ini adalah alat yang dapat mempelajari alamat link yang digunakan oleh setiap perangkat yang terhubung dengannya.

 

Selain itu bridge juga mengatur alur frame berdasarkan alamat-alamat yang digunakan. Namun menggunakan sepintas tentang bridge Anda akan mencoba mengenal pengertian bridge dan fungsinya.

 

Fungsi Bridge

Fungsi bridge adalah alat yang menghubungkan dua jaringan komputer yang berbeda. Dengan bridge maka pengguna pada kedua jaringan tersebut dapat saling berkomunikasi dan bertukar data. Selain fungsi dasar tersebut, bridge juga memiliki beberpa fungsi lainnya antara lain:

 

Menghubungkan 2 Jaringan LAN yang Terpisah Jarak

Fungsi bridge ini adalah menghubungkan 2 jaringan LAN jarak jauh. Misalnya ada perusahaan yang memiliki cabang dengan jarak yang terpisah sangat jauh. Maka bridge ini dapat menggunakan untuk menghubungkan dua jaringan cabang dan pusat yang merupakan pilihan hemat.

 

Memudahkan Mengelola Jaringan Sendiri

Setiap cabang pada perusahaan pasti memiliki server dan perangkat yang berbeda-beda maka untuk lebih efisien dalam mengelola jaringan harus menggunakan bridge sendiri untuk dapat memudahkan pengelolaan jaringan dan maintenance.

 

Mengurangi Beban Jaringan

Fungsi bridge ini adalah membagi beban kepada jaringan lainnya jika ada pengguna yang mengakses data berukuran besar dalam waktu yang bersamaan. Jika hanya menggunakan satu jaringan tunggal saja maka performa jaringan akan terganggu dan dapat memenuhi permintaan setiap pengguna. Maka dari itu alangkah baiknya ada beberapa jaringan yang saling terhubung pada satu server melalui bridge.

 

Macam-macam Bridge

Jenis bridge ini ada dua jenis yang paling umum digunakan antara lain:

 

Source route Bridge

Source route bridge adalah jaringan token ring. Bridge ini berisi frame dengan informasi rute yang dapat membantu dalam meneruskan dan membuat keputusan bingkai lewat jaringan.

 

Bridge Translasi

Bridge ini dapat mengkonversi jaringan dengan jenis yang berbeda sekaligus melakukan penautan dua jaringan yang berbeda. Contohnya pada jaringan ethernet dan token ring. Jembatan translasi dapat mengubah informasi dan bidang dari sebuah bingkai, yang akan diterjemahkan data yang diterima.

 

Kelebihan Bridge

Adapun kelebihan menggunakan bridge sebagai berikut:

 

Dapat memindahkan data lewat intermediate Network dengan protokol yang berbeda.

Mengurangi terjadinya tabrakan pada saat pengiriman paket dalam jaringan. Dapat memungkinkan koneksi di jenis Network yang berbeda.

Dapat meningkatkan kapasitas jaringan dan dapat mengurangi resiko kepadatan traffic.

Cara Kerja Bridge

Terkadang ada cara kerja bridge yang sering disamakan dengan repeater. Bridge ini lebih canggih daripada perangkat repeater yang mana repeater hanya menerima sinyal yang datang dari sumber dan meneruskannya tanpa memperhatikan apa isi data tersebut. Tidak dengan bridge yang mana bridge ini akan memetakan setiap alamat pengguna atau ethernet yang ada dalam jaringna komputer tersebut.

 

Apabila bridge sudah menerima paket data maka bridge ini akan menemukan tujuan serta sumber data yang dapat dikirim. Apabila tujuannya tidak jelas, maka bridge akan menolaknya. Dan sebaliknya, apabila tujuan dan sumbernya sesuai dengan paket data yang diteruskan ke alamat tujuan.



5 Jenis Perilaku Tidak Aman (Unsafe Acts)
Senin, 19 Sep 2022, 18:52:55 WIB, Dibaca : 17 Kali
Apa itu Brigde: Pengertian, Ciri-ciri, Fungsi dan Cara Kerja
Senin, 12 Sep 2022, 19:41:01 WIB, Dibaca : 39 Kali
Gimana Sih Cara Kerja Bandwidth?
Senin, 29 Agu 2022, 19:08:12 WIB, Dibaca : 47 Kali

Tuliskan Komentar